Obat-Kutu-Kucing-Alami-yang-ampuh-untuk-membasmi-kutu
Umum

Obat Kutu Kucing Alami

Serangan kutu kucing merupakan momok bagi para pemilik kucing. Kutu bisa membuat kucing mengalami alergi kulit, cacingan, bulu rontok hingga anemia. Jika kamu tidak segera membasminya, kutu kucing dapat berkembang biak dengan cepat dengan bersarang di tubuh kucingmu.

Solusi paling mudah adalah dengan membeli obat kutu kucing merek Revolution, Frontline ataupun Detick. Akan tetapi, obat kutu kucing tersebut mahal dan sulit didapatkan. Adakah solusi lain? Ada. Kamu bisa menggunakan ramuan herbal untuk membuat obat kutu kucing alami. Berikut 5 obat kutu kucing alami yang bisa kamu pakai untuk membasmi kutu kucing dengan cepat.

1. Cuka Apel

Selain memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, ternyata cuka apel punya manfaat sebagai obat kutu kucing alami. Kandungan asam asetat, asam gallic, katekin, pektin, dan asam folat dalam cuka apel mampu membunuh kutu kucing. Hal ini karena senyawa tersebut menjadi zat racun di dalam tubuh kutu kucing.

Kutu yang terkena semprotan cuka apel akan mengalami gejala keracunan dan mati. Dengan begitu, kamu hanya tinggal membuat ramuan dari larutan cuka apel untuk dijadikan semprotan.

Berikut panduan cara membuat obat kutu kucing alami dari cuka apel:

  1. Siapkan gelas takar, cuka apel, air dan semprotan tanaman.
  2. Buatlah campuran larutan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Misalnya, 100ml cuka apel : 100 ml air.
  3. Campur kedua bahan sampai terlarut sempurna.
  4. Masukkan ramuan ke dalam semprotan tanaman.
  5. Semprot sarang kutu dengan larutan cuka apel tersebut. Pastikan kamu mengenai kutu kucing. Karena larutan ini baru bisa bekerja saat cairan cuka apel berkontak dengan kutu kucing.
  6. Diamkan selama 15-30 menit.
  7. Bersihkan kutu kucing yang mati dengan sapu atau pengisap debu.

Biarpun cuka apel beracun bagi kutu kucing, tapi cuka apel tidak berbahaya bagi kucing maupun manusia. Jadi, kamu bisa menggunakan ramuan obat kutu kucing alami ini dengan tenang.

2. Lemon

Terkadang, beberapa orang tidak menyukai aroma cuka apel yang dipakai untuk membasmi kutu kucing. Karena aromanya asam dan sedikit menyengat. Jika kamu salah satunya, kamu dapat mengganti cuka apel dengan lemon.

Buah lemon mengandung esensial oil yang memiliki fungsi sebagai pengusir serangga (reppellent). Apabila senyawa tersebut tercium oleh kutu kucing, kutu akan kabur. Dan apabila cairan tersebut terserap ke tubuh si kutu, dia akan keracunan. Jadi, larutan lemon, bisa kamu pakai sebagai obat kutu kucing alami.

Berikut cara membuat obat kutu kucing alami dari lemon:

  1. Siapkan 6 buah lemon segar, wadah berukuran 1,5 L, air panas 1 liter dan sprayer.
  2. Iris tipis enam lemon segar yang telah kamu siapkan.
  3. Masukkan irisan lemon ke dalam wadah ukuran 1,5 L.
  4. Tuangkan air panas sebanyak 1 L.
  5. Biarkan irisan lemon terendam dan diamkan selama 1 jam. Air panas akan mengekstraksi senyawa esensial oil di dalam lemon secara sempurna.
  6. Tuangkan air hasil rendaman lemon ke dalam tabung semprotan (sprayer).
  7. Semprotkan ke tempat-tempat yang kamu curigai sebagai sarang kutu kucing. Pastikan kamu menyemprot kutu secara langsung. Jadi, cairan lemon bisa mengenai tubuh kucing dan akhirnya kutu keracunan dan mati.
  8. Lakukan penyemprotan berulang setiap hari selama seminggu.
  9. Bersihkan bangkai-bangkai kutu kucing yang mati dengan sapu atau penyedot debu.

 Ramuan obat kutu kucing alami dari air lemon aman untuk kucing, anak dan manusia. Aromanya juga segar. Namun, efektivitasnya kurang begitu baik dibandingkan cuka apel. Maka dari itu, kamu perlu melakukan beberapa kali pengulangan.

3. Minyak telon

Minyak telon merupakan salah satu resep rahasia dari 10 cara menghilangkan kutu kucing dengan cepat. Hal ini karena minyak telon memiliki campuran dari minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa dengan perbandingan 3:3:4. Kombinasi ketiganya sangat ampuh untuk membunuh dan mengusir kutu kucing.

Berikut cara menggunakan minyak telon sebagai obat kutu kucing alami:

  1. Siapkan ember besar, minyak telon dan kucing yang kutuan.
  2. Taruh kucing ke dalam ember dan buat kucing tenang.
  3. Ambil minyak telon dan tuangkan ke telapak tangan secukupnya.
  4. Ratakan minyak telon ke telapak tangan.
  5. Mulai usapkan ke leher, punggung dan ekor kucing.
  6. Pijat dengan lembut sampai menyentuh kulit kucing.
  7. Kucing akan merasakan sensasi hangat saat kulit kucing terkena minyak telon.
  8. Sambil memijat, amati pergerakan kutu kucing. Biasanya kutu kucing akan mulai keluar dari tubuh kucing satu persatu dan jatuh ke dalam ember. Jika kamu menemukannya segera bunuh kutu kucing dengan jempolmu.
  9. Sambil terus memijat dan mengusapkan minyak telon ke kucing, perhatikan kepala kucing. Biasanya kutu kucing yang tidak kuat dengan aroma minyak telon akan naik ke kepala atau wajah kucing. Segera ambil kutu yang terlihat dan bunuh.
  10. Lanjutkan ke bagian kaki dan perut bagian bawah kucing.
  11. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan setiap hari selama seminggu. Nanti kucing kamu akan bebas dari kutu kucing.

Minyak telon tidak 100% membunuh kutu kucing. Minyak telon hanya berfungsi sebagai repellent untuk mengusir kucing dari tubuh kucing. Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk menggunakan ember besar saat melakukan teknik ini.

Tujuannya, saat kutu kucing nggak betah dengan aroma minyak telon, kutu akan melompat keluar dan jatuh ke dalam ember. Jadi, kamu tinggal gilas kutu kucing yang terlihat satu persatu.

Catatan: jika kamu tidak memiliki minyak telon, kamu bisa menggunakan minyak kayu putih.

4. Lavender dan Chamomile

Tanaman Lavender dan Chamomile memiliki senyawa esensial oil yang berfungsi untuk membunuh kutu kucing. Kamu hanya perlu mengekstrak senyawa esensial tersebut dan menyemprotkannya ke kucing.

Berikut cara membuat obat kutu kucing alami dari Lavender dan Chamoline:

  1. Siapkan bunga Lavender segar dan teh Chamoline.
  2. Rendam bunga Lavender dan teh Chamoline ke dalam segelas air panas.
  3. Diamkan selama 1 jam.
  4. Air hasil rendaman tampung ke dalam botol sprayer.
  5. Semprotkan larutan LavenderChamoline ke kucing yang terserang kutu.
  6. Biarkan beberapa saat sampai obat kucu kucing alami tersebut bereaksi dengan kutu kucing.
  7. Lakukan penyemprotan ke dua dan diamkan.
  8. Selesai.

Setelah penyemprotan, kamu tidak perlu membilas kucing. Karena senyawa esensial dari LavenderChamoline ini aman untuk kucing. Jadi, hanya kutu kucing yang mati.

5. Rosemary

Rosemary (Rosmarinus officinalis) merupakan tanaman rempah-rempah yang sering dipakai untuk memasak masakan Italy dan Turki. Tanaman rosemary secara turun temurun selama ratusan tahun dipakai untuk mengusir serangga dan membunuh kutu kucing. Dan sampai sekarang masih efektif digunakan untuk melawan invasi kutu kucing yang membandel.

Berikut cara menggunakan rosemery sebagai obat kutu kucing alami:

  1. Keringkan ranting, daun dan bunga rosemery dengan cara dijemur atau disangrai.
  2. Giling hingga lembut sampai menjadi serbuk.
  3. Taburkan ke tempat tidur kucing, ruang bermain kucing dan beberapa tempat yang kamu curigai sebagai tempat bersarang kutu. Kamu juga bisa menyebarkan bubuk rosemery ke sekeliling rumah.
  4. Lakukan pengulangan selama 3 hari.
  5. Dan Boom! Kutu kucing banyak yang mati dan hilang dari rumahmu.

Itulah 5 obat kutu kucing alami yang dapat menghilangkan kutu kucing dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil maksimal kamu perlu sering-sering membersihkan tempat tidur kucing dan ruang bermain kucing. Saran kami gunakan pengisap debu agar kutu kucing yang bersembunyi bisa terambil. Selain itu, rajin-rajinlah memandikan kucing minimal 1 bulan sekali.

You might also like