twrp 5a
Teknologi

Cara Pasang TWRP 5A

Bagi Anda yang ingin mengoprek smartphone pribadi milik Anda pasti tahu tentang salah satu driver yang kerap diinstall sebelum menginstall beberapa aplikasi oprek seperti SuperSu, Xposed, dan lainnya.

TWRP merupakan aplikasi custom recovery yang berfungsi untuk install driver oprek. Kini kami akan membahas tentang cara pasang TWRP 5A.

Ya, memang TWRP recovery merupakan aplikasi custom recovery yang wajib untuk Anda install guna memperlancar proses penginstallan beberapa aplikasi oprek dan juga sebagai langkah awal untuk mereset smartphone karena kegagalan sistem atau bootlop (Baca hp xiaomi tidak mau nyala hanya muncul logo )akibat salah menginstall driver oprek sehingga smartphone Anda tetap aman dari kerusakan.

Apakah Semua Jenis Smartphone Dapat Diinstall TWRP Recovery ?

Tidak semua jenis ponsel pintar ini  dapat diinstall Team Win Recovery Project (TWRP) Recovery. Sebab beberapa jenis smartphone justru tidak support atau tidak dapat menginstall TWRP recovery karena beberapa sebab seperti stock ROM tidak kompatibel hingga karena adanya aturan pabrikan yang tidak memperbolehkan untuk install TWRP.

Akan tetapi beberapa jenis smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Lenovo, Sony, dan beberaa jenis smartphone sejenis lainnya ini dapat diinstall aplikasi custom recovery dari TWRP ini. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tata cara memasang aplikasi custom recovery TWRP pada smartphone Xiaomi Redmi 5A.

Namun sebelum membahas tentang tata cara pasang TWRP 5A, maka terlebih dahulu kita membahas syarat-syarat untuk dapat menginstall TWRP Recovery

Syarat-Syarat Untuk Dapat Menginstall TWRP Recovery Pada Xiaomi Redmi 5A ?

Sebelum Anda menginstall driver TWRP Recovery ini maka Anda perlu memenuhi beberapa syarat agar ponsel Xiaomi Redmi 5A milik Anda dapat diinstall TWRP Recovery. Syarat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Unlock Bootloader

Syarat pertama adalah membuka atau unlock bootloader terlebih dahulu. Caranya adalah dengan masuk ke mode pengembang (developer) dengan masuk ke tentang ponsel, lalu ketuk 7 kali tulisan versi MIUI dan kemudian kembali ke mode pengaturan lalu cari opsi pengembang.

Setelah itu, masukkan akun micloud dan kemudian mintalah izin untuk membuka bootloader. Ingat memasukkan permintaan buka bootloader ini menggunakan bahasa inggris.

  • Buka Kunci OEM dan Aktifkan USB Debugging

Syarat yang kedua adalah buka kunci OEM dan aktifkan USB Debugging dengan cara ketuk pilihan aktifkan kedua fitur tersebut di pengaturan opsi pengembang.

  • Pastikan Sisa Baterai Diatas 50%

Syarat yang terakhir adalah pastikan bahwa smartphone yang akan dipasang TWRP Recovert ini memiliki sisa daya baterai diatas 50%. Tujuannya adalah agar pada saat proses pemasangan tidak mengalami lowbattery yang mengakibatkan kegagalan install.

Cara Pasang TWRP 5A

Setelah Anda berhasil memenuhi beberapa syarat untuk dapat memasang TWRP Recovery, maka langkah selanjutnya adalah menginstall TWRP Recovery pada Xiaomi Redmi 5A milik Anda. Caranya adalah sebagai berikut ini :

  • Unduh Beberapa Driver Untuk Pasang TWRP Recovery

Langkah pertama adalah mengunduh terlebih dahulu beberapa bahan untuk dapat memasang TWRP Recovery. Beberapa driver tersebut dapat Anda download disini.

  • Install Aplikasi ADB Fastboot Tool Driver

Langkah kedua adalah install aplikasi ADB Fastboot Tool Driver yang telah Anda download pada PC Desktop.

  • Pindahkan Driver TWRP Ke Dalam Folder ADB Fastboot Tool Driver

Langkah ketiga adalah memindah driver TWRP ke dalam folder ADB Fastboot Tool Driver dan kemudian rename driver file tersebut menjadi “reccovery.img”.

  • Matikan Smartphone Anda dan Masuk Ke Mode Fastboot

Langkah keempat adalah matikan ponsel Anda dan kemudian masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan hingga muncul logo mi bunny dan kemudian sambungkan ponsel Anda ke PC Desktop melalui kabel USB.

  • Masuk Ke Mode CMD

Langkah kelima adalah masuk ke mode CMD dan kemudian lihat dalam mode CMD tersebut apakah smartphone Anda terhubung dengan PC Desktop. Setelah smartphone Anda telah terhubung ke PC Desktop, maka ketik perintah “fastboot flash recovery recovery.img”

  • Tunggu Proses Flashing Driver TWRP

Langkah keenam adalah menunggu proses flashing driver TWRP. Proses flashing ini tidak terlalu lama hingga muncul notifikasi pemberitahuan bahwa proses flashing driver TWRP telah berhasil.

  • Nyalakan Smartphone Yang Telah Berhasil Install TWRP Recovery

Setelah proses flashing TWRP selesai maka nyalakan kembali smartphone milik Anda. Apabila Anda ingin masuk ke mode TWRP Recovery maka Anda cukup tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.

Cara pasang TWRP 5A ini memang cukup mudah. Namun perlu Anda ketahui bahwa lakukan proses install TWRP Recovery sesuai dengan jenis smartphone yang akan Anda pasang TWRP Recovery.

Sebab, berbeda jenis smartphone yang akan diinstall TWRP Recovery maka berbeda pula driver TWRP Recovery yang harus Anda download dan install.