Tempat-Wisata-Terbaik-di-Magelang-yang-Lagi-Hits
Umum

10 Tempat Wisata Terbaik di Magelang yang Lagi Hits (2022)

Magelang dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata candi, pegunungan, hingga destinasi yang menawarkan kegiatan menantang adrenalin, seperti arung jeram. Beberapa destinasi yang ada di Kota Sejuta Bunga ini terbilang hits dan selalu ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Sebagian besar lokasi dari objek wisata tersebut juga cukup strategis sehingga mudah dijangkau. Inilah 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Magelang untuk liburan:

1. Candi Borobudur

Wisata Magelang Candi Borobudur
Candi Borobudur (kredit gambar: instagram.com/magelang_info/)
LokasiJl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30–16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa lokal: Rp50.000/orang
Anak-anak lokal (3–10 tahun): Rp25.000/orang
Rombongan min. 20 orang: Rp25.000/orang
Turis dewasa mancanegara: $25
Turis anak mancanegara (3–10 tahun): $15
Rating ulasan4,7/5,0 – 85.409 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang32 menit (17.6 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta dan Jl. Soekarno Hatta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataArea menikmati sunset/sunrise, Museum Kapal Samudraraksa, Museum Borobudur, Museum MURI

Siapa, sih, yang tidak familier dengan Candi Borobudur? Selain bersejarah, candi yang berdiri dengan megah ini juga menyimpan pesona yang luar biasa. Destinasi wisata ini memang selalu ramai dikunjungi pada siang hari. Namun, tak ada salahnya untuk datang ke sini lebih awal untuk menyambut matahari terbit. Keindahan pemandangan yang disuguhkan pada waktu tersebut sangat tidak bisa ditolak.

Tak hanya itu saja, di Candi Borobudur ini kamu juga bisa menambah wawasan sejarah. Kunjungi tiga museum terdekat yang buka setiap hari sampai jam 17.00, yaitu:

Museum Kapal Samudraraksa

Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan sisa-sisa Kapal Samudraraksa. Konon, Kapal Samudraraksa merupakan kapal yang digunakan untuk berlayar menuju ke Indonesia melintasi Afrika.

Museum Borobudur

Terletak di sebelah Museum Kapal Samudraraksa, terdapat Museum Borobudur. Ia menyuguhkan berbagai artefak arkeologi dan beberapa hasil penggalian candi. Salah satu artefak populer yang ada di tempat ini adalah patung Buddha raksasa yang wujudnya belum sempurna. Usut punya usut, patung tersebut merupakan salah satu bagian dari stupa terbesar yang berada di puncak candi Borobudur.

Museum MURI

Satu lagi museum yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di kawasan Borobudur, yakni Museum MURI. Di museum ini ada banyak sekali koleksi-koleksi langka yang menakjubkan yang dapat pengunjung saksikan.

Sangat disarankan untuk mengunjungi Candi Borobudur saat Festival Waisak yang diadakan satu tahun sekali pada bulan Mei ketika bulan purnama. Festival ini diadakan dengan mengundang pengunjung dan peziarah. Mereka akan merayakan fase kelahiran, kematian, dan pencerahan dari Sang Buddha. Salah satu ritual yang ditunggu-tunggu pengunjung adalah pelepasan lampion ke langit.

Mengingat Candi Borobudur adalah tempat suci, maka kenakanlah pakaian yang sopan ketika berkunjung ke sini. Jangan lupa gunakan tabir surya dan topi untuk melindungimu dari teriknya sinar matahari.

2. Ketep Pass

Wisata Magelang Ketep Pass
Ketep Pass (kredit gambar: instagram.com/daongsignature.ketep/)
LokasiKetep Pas, Ketep, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00–17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Senin–Sabtu: Rp10.500/orang
Minggu & hari libur: Rp12.500/orang
Bioskop: Rp9.000/orang
Rating ulasan4,4/5,0 – 13.638 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang37 menit (26.6 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta dan Jl. Tembus Blabak – Boyolali
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataVolcano Theater, Museum Vulkanologi

Magelang adalah suatu kawasan yang dikelilingi oleh empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Tak heran jika banyak destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam luar biasa di kota ini, salah satunya adalah Ketep Pass.

Terletak pada ketinggian 1.200 mdpl, tempat ini menawarkan pengunjung untuk bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Ketika cuaca cerah, kamu bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan jelas. Sangat direkomendasikan juga untuk mengunjungi tempat ini pada waktu sunrise atau sunset karena pemandangan yang disuguhkan sangat memanjakan mata dan tidak ada duanya.

Selain melihat pemandangan dari ketinggian, di Ketep Pass kamu juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, seperti:

  • Menonton dokumenter di bioskop mini

Ketep Pass memiliki satu bioskop mini, yaitu Volcano Theater. Di teater ini, kamu bisa menambah wawasan seputar Gunung Merapi. Beberapa dokumenter tersebut di antaranya adalah sejarah terbentuknya Gunung Merapi. Penelitian di Puncak Garuda, hingga tentang proses letusan Merapi.

Film dokumenter tersebut rata-rata berdurasi 25 menit. Adapun untuk kapasitas gedung bioskop mini ini hanya untuk 78 orang saja.

  • Belajar vulkanologi di museum

Selain bioskop, Ketep Pass juga mempunyai sebuah museum vulkanologi yang juga dikenal dengan nama Ketep Volcano Center. Di bangunan yang berbentuk melingkar ini terdapat miniatur Gunung Merapi sehingga pengunjung bisa mempelajari seluk beluk tentang gunung berapi ini.

Rute menuju Ketep Pass terbilang mudah dijangkau. Kalau kamu datang dari arah Semarang, bisa melewati rute Kopeng sampai masuk ke Kabupaten Magelang. Ikuti jalan sampai terus hingga bertemu dengan perbatasan Salatiga-Magelang, lurus terus hingga menemukan pertigaan. Ambil arah kiri dan ikuti jalan sampai bertemu dengan lokasinya.

Bagi yang datang dari arah Jogja, tinggal lewati rute Jogja-Muntilan. Kalau sudah sampai di Gulon, ambil kanan dan ikuti rute Ngadipuro-Senowo-Sawangan-Ketep Pass.

3. Gunung Andong

Wisata Magelang Gunung Andong
Gunung Andong (kredit gambar: instagram.com/pendakimusiman.id/)
LokasiArea Hutan/Kebun, Girirejo, Kec. Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Biaya registrasi pendakian: Rp20.000/orang
Rating ulasan4,6/5,0 – 1.291 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang53 menit (30.6 km) via Jl. Magelang – Kopeng/Jl. Magelang – Salatiga
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCamping di Puncak Alap-Alap, menikmati golden sunrise di Puncak Andong

Gunung Andong adalah salah satu gunung api yang ada di Magelang. Memiliki ketinggian 1.463 meter, gunung ini sering dijadikan sebagai tempat mendaki bagi para pemula karena tidak terlalu tinggi dan medannya yang dianggap tak terlalu sulit.

Meski bisa ditempuh dalam waktu yang relatif singkat, yakni rata-rata sekitar dua jam saja, keindahan di puncak Gunung Andong juga tak kalah dengan gunung lainnya. Dari puncak Gunung Andong, kamu bisa melihat pemandangan tujuh gunung sekaligus, di antaranya Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Ungaran, dan Telomoyo.

Setidaknya, ada tiga jalur pendakian Gunung Andong yang resmi, yaitu jalur pendakian via Sawit, via Pendem, dan via Gogik. Masing-masing gerbang pendakian bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau ojek sepeda motor. Dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan mendaki.

Untuk mendaki Gunung Andong, setiap pendaki akan dikenakan biaya registrasi pendakian sebesar Rp20.000/orang. Jika tertarik untuk melakukan pendakian di Gunung Andong, siapkanlah fisik supaya tetap fit.

Walaupun memang tidak seekstrem seperti mendaki gunung lain, kondisi fisik yang bugar sangat diperlukan supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selain mempersiapkan kondisi fisik, kamu juga perlu mempelajari rute dan medan pendakian dari jalur pendakian Gunung Andong sebelum mendakinya. Tujuannya, biar kamu bisa mempersiapakan perlengkapan mendaki gunung yang sesuai medan pendakian dan cuaca.

4. Punthuk Setumbu

Wisata Magelang Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu (kredit gambar: instagram.com/punthuksetumbu/)
LokasiKurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 04.00–17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Wisatawan domestik: Rp20.000/orang
Wisatawan mancanegara: Rp50.000/orang
Rating ulasan4,5/5,0 – 7.629 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang38 menit (20.9 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta dan Jl. Soekarno Hatta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCamping ground, taman bermain, spot foto intragramable

Salah satu tempat wisata hits di Magelang yang layak untuk dikunjungi adalah Punthuk Setumbu. Salah satu tujuan utama wisatawan mendatangi destinasi menarik ini adalah untuk menikmati sunrise. Para pengunjung rela datang pagi buta supaya tidak ketinggalan momen berharga ini. Ketika matahari sudah mulai muncul, warna langit yang sebelumnya gelap akan berubah menjadi orange dan menyebar ke segala penjuru.

Kalau kamu datang dari luar kota, sesuaikan saja waktu keberangkatan dengan waktu tiba di tempat ini, tepatnya sebelum matahari terbit. Sebelum jam 5 pagi, biasanya kawasan ini sudah ramai pengunjung. Kalau waktu perjalanan cukup lama dan takut tidak bisa datang tepat waktu, menginap saja di penginapan yang sudah tersedia di sekitar destinasi ini.

Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen yang tidak bisa diberikan oleh tempat lain. Di sebelah timur bukit, kamu bisa mendapati pucuk Candi Borobudur. Perpaduan pemandangan matahari terbit dengan panorama candi sungguh tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Mengingat waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari, ada baiknya kenakanlah pakaian yang nyaman dan hangat. Pastikan juga fisikmu kuat untuk mendaki bukit. Jalurnya memang tidak terlalu sulit, tetapi disarankan untuk tetap berhati-hati.

Untuk menuju puncak bukit, setidaknya diperlukan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dari pintu masuk. Gunakanlah alas kaki yang nyaman dan anti selip supaya tidak tergelincir karena jalanannya masih berupa tanah sehingga terkadang bisa sangat licin, terlebih saat musim hujan tiba.

5. Silancur Highland

Wisata Magelang Silancur Highland
Silancur Highland (kredit gambar: instagram.com/purnama.rizal_/)
LokasiDadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 05.00–23.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Senin–Sabtu: Rp10.000/orang
Minggu & hari libur: Rp15.000/orang
Camping dewasa: Rp20.000/orang
Camping anak: Rp10.000/orang
Rating ulasan4,6/5,0 – 5.640 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang35 menit (16.7 km) via Jl. Raya Bandongan
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCamping ground, tempat nongkrong, cafe

Magelang memang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam, salah satunya adalah Silancur Highland. Silancur Highland sendiri merupakan objek wisata berupa bukit yang didesain sedemikian rupa sehingga tempatnya terlihat cantik dan juga nyaman.

Di sini, kamu bisa melakukan beragam aktivitas seru dan tak terlupakan, di antaranya adalah:

  • Berkemah

Saking bagusnya, rasanya menjadi pilihan yang bagus untuk menikmati keindahan alam di sini dalam durasi waktu yang lama. Untuk itu, sangat direkomendasikan berkemah di camping ground yang sudah disediakan.

Tak perlu membawa perlengkapan kemah sendiri dari rumah karena pihak pengelola sudah menyediakannya untuk pengunjung. Kamu hanya perlu membayar biaya camping sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak per orangnya.

Berkemah juga bisa jadi alternatif untuk melihat golden sunrise di keesokan harinya. Terlebih jika kamu khawatir tertinggal momen matahari terbit ini jika memaksakan berangkat pagi buta dari rumah.

  • Piknik

Kalau tak berencana bermalam, masih ada aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, yaitu piknik. Meluangkan waktu hanya beberapa jam dengan duduk di atas tikar dan menyantap bekal sembari menikmati keindahan Silancur Highland bersama orang-orang terkasih tentunya mampu membuat momen berkesan dan tak terlupakan. Kalaupun tak sempat membawa bekal sendiri, kamu bisa membeli makanan ringan di warung-warung yang terdapat di sekitar area wisata.

  • Berfoto

Berfoto adalah kegiatan yang wajib dilakukan saat berwisata. Apalagi jika yang dikunjungi adalah tempat yang sangat menarik dengan pemandangan yang sangat indah seperti Silancur Highland ini.

Selain foto selfie, memotret keindahan alam sekitar juga bisa jadi aktivitas seru. Pemandangan alam berupa perpaduan persawahan, pegunungan, dan perumahan penduduk tentunya akan menghasilkan potret yang sangat menakjubkan.

6. Nepal Van Java

Wisata Magelang Nepal Van Java
Nepal Van Java (kredit gambar: instagram.com/nepal_van_java/)
LokasiDusun Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00–17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp8.000/orang
Rating ulasan4,6/5,0 – 3.702 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang47 menit (22 km) via Jl. Raya Bandongan
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataJalur pendakian Gunung Sumbing, basecamp Sumbing via Kaliangkrik, spot swafoto

Destinasi ini sebenarnya adalah sebuah kampung penduduk yang terletak di lereng Gunung Sindoro. Namun, tidak seperti pemukiman di perkampungan pada umumnya, bentuk pemukiman di Dusun Butuh ini cukup unik.

Karena berlokasi di lereng gunung, perumahan di sini terletak menumpuk seperti perumahan khas Nepal. Itulah kenapa tempat ini dinamakan Nepal Van Java. Uniknya lagi, rumah-rumah di sini dicat dengan warna-warna yang mencolok sehingga mampu menambah daya tarik tersendiri.

Kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke sini adalah berfoto. Perpaduan pemukiman warga yang unik dan pemandangan pegunungan yang hijau juga asri membuatnya sangat sayang jika tidak diabadikan dengan jepretan kamera. Memotret menggunakan kamera drone bisa jadi pilihan cerdas sebab nuansa Nepal Van Java dapat terabadikan dengan baik karena mampu menjangkau objek secara lebih luas.

Kalau ingin berkeliling di area pemukiman ini, kamu bisa menyewa ojek sepeda motor. Untuk tarifnya sendiri mulai dari Rp10.000 sampai Rp30.000 tergantung jauh-dekatnya.

Dusun Butuh juga menjadi salah satu jalur pendakian Gunung Sumbing. Jika berniat untuk mendaki Gunung Sumbing, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 dan Rp10.000 untuk tarif fasilitas basecamp dan parkir.

Kalau tertarik untuk mengunjungi Nepal Van Java ini, pastikan kendaraan kamu kuat diajak di jalanan yang menanjak. Pastikan juga mobil atau motor kamu dalam keadaan prima, terutama remnya. Sebab nanti ketika jalan pulang, kamu harus melewati jalan yang cukup curam dan turunannya cukup panjang. Namun, ada opsi lain, yaitu menggunakan jasa ojek untuk sampai ke lokasi.

7. Svargabumi Borobudur

Wisata Magelang Svargabumi Borobudur
Svargabumi Borobudur (kredit gambar: instagram.com/jelajahijogja/)
LokasiJl. Borobudur – Ngadiharjo, Sawah, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00–17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Dewasa: Rp30.000/orang
Anak: Rp15.000/orang
Rating ulasan4,5/5,0 – 2.117 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang31 menit (17.6 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta dan Jl. Soekarno Hatta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, ayunan, area bean bag

Kalau berlibur ke Candi Borobudur, sempatkanlah mampir ke Svargabumi Borobudur. Jarak dari Candi Borobudur hanya sekitar 1,5 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 menit berkendara. Untuk menuju ke lokasi, dari kawasan Candi Borobudur, kamu bisa mengambil jalan ke arah selatan menuju Balkondes Ngawan. Lokasi persawahan Svargabumi terletak di pinggir jalan sehingga gampang ditemukan.

Meskipun diberi sentuhan modern, pembangunan tempat ini menjadi destinasi wisata tidak merusak lingkungan dan tetap mengusung konsep alam. Justru konsep inilah yang menjadi daya tarik. Tempat ini dibangun dengan harapan bisa menjadi destinasi yang indah layaknya surga, sesuai dengan namanya, Svargabumi.

Objek wisata ini memiliki banyak spot foto menarik yang terletak di area persawahan. Setidaknya terdapat 20-an spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola. Spot foto ini pun beragam, ada yang berupa ayunan, kursi gantung, kolam, ranjang jaring-jaring, hingga area bean bag.

Area persawahan ini adalah milik penduduk desa. Karena tidak merusak sawah, para petani masih bisa beraktivitas di sini. Nilai plusnya, pengunjung bisa melihat langsung aktivitas petani yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Selain untuk berfoto, di Svargabumi ini pengunjung juga bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dan pegunungan Menoreh. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi atau sore hari karena tidak terlalu panas.

8. CitraElo Rafting Arung Jeram

Wisata Magelang CitraElo Rafting Arung Jeram Sungai Elo Progo
CitraElo Rafting Arung Jeram (kredit gambar: instagram.com/deltaelo_rafting/)
LokasiJl. Sendangsono No.KM. 0.2, Kanden, Progowati, Kec. Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00–17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp750.000/boat
Rating ulasan4,5/5,0 – 1.668 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang27 menit (16.2 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta dan Jl. Soekarno Hatta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataArung jeram, pemandangan sungai, olahraga air

Buat kamu yang suka tantangan, wajib untuk mencoba rafting di Sungai Elo saat berkunjung ke Magelang. Sungai ini sendiri merupakan anak Sungai Progo yang memiliki klasifikasi jeram grade II. Waktu ideal untuk melakukan arung jeram di sini adalah musim kemarau karena air sungai akan tampak jernih dan cenderung lebih aman.

Sungai Elo memiliki karakter sungai yang sempit dengan debit air yang cukup stabil sehingga terbilang aman dan cocok untuk pemula. Meski pemula, kamu tak perlu khawatir karena akan ada pendampingan dari pemandu profesional di setiap perahunya. Perjalanan akan dimulai dari Jembatan Blondo dan berakhir di Jembatan Mungkid. Durasi arung jeramnya sekitar 2,5 jam.

Semakin menambah keseruan, beberapa jeram bisa mengguncang perahu. Ditambah keindahan panorama sepanjang sungai tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menikmati arung jeram, kamu perlu booking kepada pihak pengelola untuk mendapatkan jadwal. Satu perahu memiliki kapasitas untuk 5 orang, Semua peralatan arung jeram, seperti perahu, dayung, helm, dan pelampung sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Melakukan kegiatan rafting yang seru di waktu liburan ini bisa melepaskan stres dan penat akibat rutinitas sehari-hari yang membosankan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

9. Mangli Sky View

Wisata Magelang Mangli Sky View
Mangli Sky View (kredit gambar: instagram.com/telogodok_photoworks/)
LokasiArea Hutan/Sawah, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Camping: Rp10.000/orang
Rating ulasan4,6/5,0 – 966 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang36 menit (17.2 km) via Jl. Raya Bandongan
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCamping ground, gardu pandang, tempat nongkrong

Mangli Sky View merupakan salah satu tempat wisata hits di Magelang yang sedang ramai diperbincangkan. Dibandingkan objek wisata lainnya, tempat ini tergolong masih baru, tetapi dengan keindahan yang dimilikinya mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung, terutama anak-anak mudah.

Terletak pada ketinggian 1.570 mdpl, Mangli Sky View menyajikan pemandangan Gunung Sumbing yang sangat memesona. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi dengan panorama serba hijau dan area perkotaan di bawah yang terlihat jelas. Tempatnya sendiri terbilang tenang karena jauh dari keramaian. Sangat cocok bagi kamu yang ingin healing dan melepaskan penat serta stres.

Saat malam hari, kamu bisa melihat kerlap-kerlip lampu perkotaan yang cantik dari ketinggian dan membuatmu betah berlama-lama berada di sini. Kalau ingin tinggal di sini lebih lama, kamu bisa berkemah karena pihak pengelola juga menyediakan camping ground lengkap dengan peralatan camping.

Untuk camping, tiap orang akan dikenakan tarif sebesar Rp15.000 ditambah dengan biaya sewa perlengkapan camping. Untuk sewa tenda dengan kapasitas dua orang dikenakan tarif Rp35.000 dan Rp50.000 untuk tenda dengan kapasitas empat orang.

10. Taman Dewari

Wisata Magelang Taman Dewari
Taman Dewari (kredit gambar: instagram.com/merekamjogja/)
LokasiArea Hutan/Sawah, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00–18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,1/5,0 – 698 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Magelang38 menit (24.7 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataTaman bunga matahari, Taman Kitiran, spot foto cantik

Satu lagi tempat hits di Magelang yang tak boleh dilewatkan saat kamu berkunjung ke Kota Militer ini, yakni Taman Dewari. Taman Dewari merupakan area taman yang dipenuhi oleh bunga matahari. Tempat ini cocok bagi kamu yang senang berburu tempat foto yang unik dan menarik. Tinggi tanaman bunga matahari sendiri bisa mencapai tinggi badan orang dewasa.

Sejak bulan Oktober 2018, taman ini menghadirkan Taman Kitiran yang bisa dikunjungi wisatawan. Di sini tersedia kurang lebih 10.000 kincir angin yang terbuat dari plastik dengan warna-warna cantik dan mencolok. Ketika angin berembus, kitiran atau kincir angin tersebut akan berputar bersamaan sehingga mampu menyuguhkan pemandangan yang cantik luar biasa.

Kincir warna-warni ini disusun sesuai dengan kelompok warnanya masing-masing berbentuk matahari, pelangi, dan hati. Di tengah taman, berdiri sebuah kincir angin raksasa yang semakin menambah kecantikan taman. Taman Kitiran ini disebut-sebut sebagai taman kincir angin pertama dan terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara.

Selain Taman Kitiran, di sini juga tersedia spot foto berupa panggung yang tersusun dari kayu dan bambu. Tempat ini menawarkan destinasi foto dengan latar belakang bunga matahari dan juga ribuan kincir angin.

Meski diperbolehkan mengambil foto sepuasnya, tetapi diharapkan untuk tetap berhati-hati. Jangan sampai merusak tanaman yang sudah dirawat dengan susah payah ini. Tak hanya menyuguhkan hamparan tanaman bunga matahari yang luas, kamu juga bisa membeli bibit bunga matahari yang disediakan oleh pengelola sebagai oleh-oleh.

Itulah tadi 10 tempat wisata terbaik yang sedang hits di Magelang. Magelang memang memiliki banyak sekali objek wisata alam yang menawarkan keindahan dan sangat memanjakan mata. Sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat dan stres setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Jadi bagaimana, adakah kesepuluh tempat di atas yang sudah masuk daftar rencana untuk kamu datangi?

You might also like