Tempat-Wisata-Terbaik-di-Sekitar-Ungaran-yang-Lagi-Hits
Umum

10 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Ungaran yang Lagi Hits (2022)

Daerah Ungaran dan sekitarnya kini semakin berkembang menjadi tempat wisata untuk muda-mudi dan keluarga. Dalam beberapa tahun terakhir, tempat wisata lama bersolek. Hadir pula beberapa tempat wisata baru yang tak kalah menarik. Potensi ini ditunjang dengan bentang alam yang menarik. Misalnya, Ayanaz Gedongsongo, Watu Gunung hingga I AMpel Gading.

Mulai tertarik dengan berbagai destinasi wisata seru di sekitar Ungaran? Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Ungaran:

1. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Wisata Ungaran Pondok Kopi Umbul Sidomukti
Pondok Kopi Umbul Sidomukti (kredit gambar: instagram.com/gandung__/)
LokasiManggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 11.00-22.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp2.000,00
Parkir mobil: Rp5.000,00
Biaya masuk: Rp4.000,00
Rating ulasan4,5/5.0 – 14.693 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran33 menit (15.8 km) via Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataMelihat keindahan alam dari ketinggian, makan, minum, ngopi.

Aktivitas ngopi memang tak lagi dapat dilepaskan dari masyarakat. Selain menyegarkan, segelas kopi berkualitas dapat mengurangi stres. Khasiat kopi ini akan semakin terasa jika dikonsumsi di tempat yang tepat.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti adalah tempat yang tepat untuk menikmati segelas kopi. Mau kopi Aceh Gayo, Toraja, atau Temanggung, semua ada. Selain itu, sambil meneguk kopi, kamu akan dimanjakan dengan udara sejuk khas Bandungan.

Tidak hanya kopi hangat, pemandangan indah juga tersaji di sana. Jika kamu duduk di bagian luar, kamu akan mendapati hamparan pegunungan dan perbukitan yang dibalut gelombang awan.

Penataan kafe ini cukup estetik terutama pada bagian luar. Area outdoor menggunakan aksen batu dan rumput yang rapi. Beberapa pohon palem berjajar di sebelah meja-meja kayu. Pada saat senja tiba, lampu-lampu taman bulat akan menyala, memancarkan warna kuning.

Baik pada malam hari mau pun siang hari, Pondok Kopi Umbul Sidomukti akan selalu indah. Pilihlah waktu yang kamu sukai.

Buat kamu yang tidak suka kopi, tak perlu khawatir. Tempat ini menawarkan sajian lain seperti cokelat, teh, serta makanan-makanan utama dan snacks khas Indonesia.

Dari Semarang, kamu hanya perlu menempuh tol Tembalang (jika menggunakan mobil), kemudian berjalan ke arah Jalan Goa Jepang. Sementara itu, dari Ungaran, kamu dapat melewati Jalan Semarang Surakarta. Jalanan menuju Pondok Kopi Umbul Sidomukti agak menanjak, jadi, kamu harus sedikit berhati-hati. Terutama, apabila kamu ke sana saat musim hujan.

Waktu terbaik untuk menyambangi Pondok Kopi Umbul adalah pada bulan Mei-Agustus. Pada musim hujan, jalanan menuju ke sana agak becek. Selain itu, fasilitas outdoor tidak dapat dinikmati dengan maksimal

2. Candi Gedong Songo

Wisata Ungaran Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo (kredit gambar: instagram.com/mampir.semarang/)
LokasiJalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 (weekdays)
Rp15.000,00 (weekend)
Rating ulasan4,5/5.0 – 13.743 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran37 menit (22.4 km) via Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCandi peninggalan kerajaan Mataram Kuno, pemandian belerang, naik kuda, Ayanaz Gedongsongo

Candi Gedong Songo adalah tempat wisata yang “tua”. Ada banyak tempat wisata Ungaran yang usianya baru hitungan tahun. Namun, tentu saja tempat klasik yang sudah ada sejak lama ini tak layak dilupakan.

Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Wangsa Syailendra pada abad ke-9. Kompleks candi Hindu ini kemudian ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804. Candi ini mengalami pemugaran dua kali, yakni pada tahun 1920an dan pada dekade 1970an akhir.

Di dalam kompleks Candi Gedongsongo, terdapat sembilan candi yang tersebar di lereng gunung. Terletak di ketinggian 1.200 mdpl, maka udara di sini sangat sejuk. Sambil melakukan napak tilas di peninggalan bersejarah ini, kamu bisa melihat pemandangan pegunungan yang asri.

Masyarakat Hindu pada masa Mataram Kuno percaya bahwa berdoa di tempat yang tinggi mendekatkan manusia pada Yang Kuasa. Itulah alasan mengapa candi ini dibangun di dataran yang tinggi.

Jarak antara setiap candi adalah sekitar 200-300 meter. Cukup jauh memang. Namun, karena udaranya sejuk, berjalan mengelilingi kompleks candi ini bukan masalah besar. Namun, kalau kamu lelah, kamu bisa menyewa kuda. Dengan menunggangi kuda, kamu bisa menjelajahi semua candi tanpa lelah, sekaligus merasakan sensasi wisata yang menarik.

Selain peninggalan kerajaan, hal menarik lain di area Candi Gedong Songo adalah pemandian belerangnya. Ya, area ini memiliki penambangan belerang yang besar. Air hangat dari belerang ini juga bisa kamu rasakan manfaatnya, lho. Hanya dengan membayar Rp5.000,00 kamu dapat menikmati mandi belerang. Mandi belerang sehat untuk kulit, membuatmu lebih rileks, dan menghilangkan rasa pegal.

Belum lama ini, di kompleks Candi Gedong Songo juga dibangun wisata selfie Ayanaz Gedongsongo. Di dalamnya, terdapat banyak situs swafoto modern yang Instagrammable.

Mengingat rekam jejak sejarahnya yang panjang, amat sayang melewati wisata nan klasik di Candi Gedong Songo.

3. Gunung Ungaran

Wisata Ungaran Gunung Ungaran
Gunung Ungaran (kredit gambar: instagram.com/setyaadye/)
LokasiHutan, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam Registrasi: 13.00-19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp5.000,00
Parkir mobil: Rp10.000,00
Biaya registrasi: Rp10.000,00
Rating ulasan4,5/5.0 – 841 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran50 menit (15.5 km) via Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta  
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataHutan Cemara, Taman Wisata Candi Gedongsongo, pemandian air panas, hamparan kebun teh

Jawa Tengah adalah rumah bagi banyak gunung yang menarik perhatian para pendaki. Salah satunya adalah Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran memiliki pesona yang tak kalah menarik dari gunung tenar lain di Jawa Tengah, misalnya Merbabu. Walaupun tingginya hanya 2.050 meter, pendakiannya cukup menantang. Banyak pula hal menarik yang akan kamu temukan selama prosesnya.

Sebelum mendaki, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Loket dibuka mulai dari jam 1 siang hingga 7 malam. Setelah registrasi, kamu dapat mendaki kapan saja karena ia dibuka selama 24 jam.

Jalur pendakian Gunung Ungaran terdiri atas tiga opsi, yakni:

Jalur Pendakian Gedong Songo

Buat kamu yang profesional, jalur ini bisa dipilih. Medannya berat dan menantang. Pada saat melakukan pendakian, kamu akan menemukan banyak semak-semak dan hutan.

Awalnya, pendakian dimulai di Hutan Cemara. Kemudian, dilanjutkan ke Hutan Lamtoro. Hutan Lamtoro merupakan tempat yang penuh dengan belukar dan dekat dengan jurang. Berhati-hatilah saat di sini.

Setelah melewati hutan ini, kamu akan menemukan Puncak Botak, sebuah tanah datar berumput. Pendaki bisa camping dan mengakhiri perjalanan di sini atau ke Puncak Ungaran.

Jalur Pendakian Mawar

Dibandingkan dengan jalur sebelumnya, jalur ini lebih ringan. Maka, jika kamu bukan pendaki profesional, ada baiknya bersama-sama melewati jalur ini.

Ada tiga pos yang akan kamu lewati. Pertama, Pos Pronojiwo. Kedua, Pos 2, dan yang ketiga adalah Kebun Kopi.

Setiap pos bisa dijadikan lokasi camping, beristirahat, atau berfoto-foto. Nah, di pos kebun kopi, kamu bahkan bisa menemukan kolam segar.

Setelahnya, pendakian lebih menantang usai memasuki kebun teh Promasan. Kebun tehnya memang indah, tetapi jalur sesudahnya agak berbahaya. Jalurnya sempit dan agak licin, terutama pada musim hujan.

Jalur Promasan

Jalur inilah yang dilewati setelah kebun teh dan perkampungan. Banyak orang yang melewati jalur pendakian ini agar bisa menikmati foto-foto di kebun teh yang lapang.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa setelahnya, perjalanan akan lebih berat. Jalur yang disebut Makadam ini cukup terjal dan menanjak. Pendaki harus melewatinya jika ingin menuju ke Puncak Ungaran.

Puncak Ungaran begitu menarik lewat panorama berbagai gunung yang ditutupi lautan awan. Dari sana, kamu dapat melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Sindoro-Sumbing, bahkan Rawa Pening. Memang berat pendakianmu, tetapi akan terbayar, bukan?

Hindari musim hujan saat mendaki gunung ini. Jalannya terjal dan akan semakin berbahaya saat musim hujan tiba.

Catatan: Jika kamu ingin mendaki Gunung Ungaran, sebaiknya pelajari dulu medan pendakian, cuaca dan rute pendakiannya. Jika kamu baru pertama kali mendaki Gunung Ungaran, kami bisa belajar banyak dari ulasan lengkap jalur pendakian Gunung Ungaran ini.

4. Ayanaz Gedongsongo

Wisata Ungaran Ayanaz Gedongsongo
Ayanaz Gedongsongo (kredit gambar: instagram.com/jimmy.hen/)
LokasiCandi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.15-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00 (orang dewasa)
Rp10.000,00 (anak di bawah 2 tahun)
Rating ulasan4,5/5.0 – 5974 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran38 menit (22.5 km) via Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta  
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWisata selfie, bantal-bantal untuk bersantai, tempat makan dan minum

Ayanaz Gedongsongo menjadi salah satu tempat wisata di Ungaran yang banyak muncul di media sosial. Apa alasannya?

Ya, lokasi ini memang dikhususkan bagi pencinta swafoto. Di dalamnya, banyak spot selfie yang berwarna dengan bentuk-bentuk unik. Tujuan wisatawan tentu satu: memotret diri mereka dan mengunggahnya di media sosial.

Untuk masuk ke Ayanaz Gedongsongo, kamu harus melewati pintu masuk Candi Gedong Songo dan membayar tiket. Masuk ke Ayanaz, kamu harus membayar lagi.

Kebanyakan tempat swafoto di Ayanaz Gedognsongo gratis. Namun, ada beberapa yang berbayar, seperti bubble misalnya. Semakin banyak yang berswafoto denganmu, harganya semakin terjangkau per individu.

Beberapa tempat selfie yang ditawarkan antara lain:

  • Sofa kolam

Sofa hijau panjang melingkar ini terletak di tengah kolam. Jadi, kamu serasa sedang duduk di bar sambil bersantai di kolam mewah. Di belakang, aksen air kolam dan pegunungan berpadu sempurna.

  • Balon udara

Sensasi foto di atas balon udara warna-warni dengan latar belakang pegunungan Terdiri atas tiga ukuran: kecil, besar, standar. Menaikinya, wisatawan seolah seperti sedang terbang betulan dengan balon udara.

  • Bubble tent

Bubble tent atau tenda gelembung adalah spot swafoto berbayar dengan harga Rp10.000,00 per orang. Di dalamnya, terdapat properti kamar tidur seperti tempat tidur, rak buku, boneka, bola, dan masih banyak lagi.

  • Tempat duduk bantal

Nah, di sinilah kamu dapat bersantai. Tempat duduk ini dipenuhi bantal-bantal yang besar yang empuk dan nyaman Selain itu, panorama alam di belakangnya membuat kamu terasa seperti tengah melewati liburan mewah.

Ayanaz Gedongsongo sebetulnya tak terlalu luas. Selain itu, beberapa spot selfie juga antre dan memiliki batasan waktu. Tenda gelembung, misalnya. Setiap orang yang akan berfoto hanya diberi waktu 3 menit saja.

Kamu bisa memesan minuman dan snacks di kompleks Ayanaz, kemudian menikmatinya di tempat-tempat duduk yang disediakan. Untuk kamu yang ingin ke sana, akan lebih baik jika mengunjungi Candi Gedong Songo sebelum atau sesudahnya. Supaya, rencana wisatamu lebih maksimal.

5. Watu Gunung

Wisata Ungaran Watu Gunung
Watu Gunung (kredit gambar: instagram.com/sudutsemarang/)
LokasiLerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00 (hari biasa)
Rp25.000,00 (hari libur)
Rating ulasan4,5/5.0 – 5.301 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran8 menit (3.6 km) via Jl. Diponegoro/Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta/Jl. Surabaya and Jl. Srikandi Raya  
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam renang, danau buatan, gazebo, vila, resort, pemancingan, tempat makan

Karena udaranya yang sejuk, maka banyak dibuka kolam renang dan pemandian umum di Ungaran. Salah satu yang terkenal adalah Watu Gunung.

Watu Gunung didirikan usai pemilik membangun vila pribadi tahun 2004. Ciri khas dari objek wisata ini adalah aksen joglo di bagian bangunannya. Selain itu, pada bagian kolam, terdapat aksen batu-batuan yang menampilkan kesan alami bak danau di tengah hutan.

Pemandangan di jalanan menuju Watu Gunung sangat menawan. Dari sana, kamu bisa melihat rangkaian pegunungan, desa, dan kebun-kebun. Jika beruntung, kamu akan melihat semuanya seperti ditutupi oleh awan-awan tebal.

Untuk pengendara mobil dan motor, berhati-hatilah. Jalan ke sana agak terjal dan licin pada saat musim hujan.

Nah, sebetulnya, apa yang ditawarkan oleh Watu Gunung.

Ada beberapa bangunan joglo yang digunakan sebagai kantor pengelola dan area meeting. Area meeting biasa disewa untuk outing kantor atau untuk rapat khusus. Sementara itu, bagian depan rumah-rumah joglo ini kerap dijadikan sebagai latar swafoto yang bernuansa etnik.

Objek yang paling menarik di Watu Gunung adalah air kolamnya. Kolam ini bisa dipakai untuk berenang. Airnya cukup jernih. Ia berasal dari sumber mata air alami, sehingga bebas kaporit dan sangat menyegarkan.

Ada pula danau buatan dengan air berwarna kehijauan. Bebatuan dan pohon-pohon di sekitar membuatnya terlihat seperti danau yang alami. Nah, karena banyak ikan di dalamnya, Watu Gunung juga dijadikan sebagai area pemancingan.

Ada pula beberapa tempat makan dengan menu khas Jawa Tengah. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot membawa bekal. Menikmati makanan di antara sejuknya udara Ungaran dan embusan angin adalah surga bagi warga Semarang yang kerap merasakan hawa panas.

Selain untuk berwisata, Watu Gunung kerap dijadikan tempat resepsi atau prewedding. Kamu dapat menghubungi pengelola terlebih dahulu untuk mem‐bookingnya untuk acara pernikahan.

6. Wisata Sidomukti Ungaran

Wisata Ungaran Wisata Sidomukti Ungaran
Wisata Sidomukti Ungaran (kredit gambar: instagram.com/metropolistourtravel/)
LokasiManggung, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 (weekdays)
Rp15.000,00 (weekend)
Rating ulasan4,2/5.0 – 128 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran30 menit (15.5 km) via Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPondok Wisata Umbul Sidomukti, resort, camping ground, kolam renang, panorama alam, paralayang, ATV, pondok kopi, dsb

Kawasan wisata Sidomukti terdiri atas beberapa tempat wisata dan panorama alam. Daya tariknya adalah letaknya yang di ketinggian 1.200 mdpl. Sehingga, sambil bersantai, kamu dapat melihat pemandangan hijau alami dan menikmati udara nan sejuk.

Setelah melewati Pasar Jimbaran, kamu bisa belok kanan untuk menuju ke Desa Sidomukti sekaligus tempat wisata yang satu ini. Masuk ke dalamnya, kamu dapat menemukan kolam dengan pemandangan yang alami.

Pengunjung biasanya menggunakan kesempatan tersebut untuk duduk-duduk dan berfoto. Kemudian, mereka akan berlanjut ke destinasi wisata lain yang terletak di kompleks Sidomukti.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu nikmati di sana.

Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Menikmati kopi sambil menatap hamparan pegunungan, siapa yang tak suka? Terlebih, kopi-kopi yang ditawarkan juga berkualitas. Inilah yang akan kamu dapatkan di Pondok Wisata Umbul Sidomukti. Pada bagian luar, terdapat meja-meja makan yang terbuat dari kayu, pohon-pohon palem, dan lampu.

Pada siang hari, nuansanya asri. Sementara itu, saat malam tiba, nuansanya menjadi romantis.

Selain kopi, kamu bisa memesan minuman jenis lain dan juga makanan.

Little Ranch

Buat kamu yang membawa anak-anak, mereka pasti akan senang dengan Little Ranch. Ia merupakan tempat terbuka yang menawarkan kebun sayur dan hewan-hewan jinak.

Di Little Ranch, kamu dapat bermain bersama berbagai macam hewan. Ada kelinci, kambing, rusa, dan kuda. Kamu bahkan bisa menunggangi kuda untuk berkeliling kebun sayur. Ada pula permainan sederhana seperti air soft gun dan panahan.

Gua Tirta Mulya

Inilah tempat wisata alam yang ada di kompleks Sidomukti. Dari gerbang, jaraknya sekitar 1 km. Bentuk unik gua membuat banyak pengunjung senang menjadikannya tempat berfoto. Selain itu, di gua ini terdapat sumber air alami.

Resort Umbul Sido Mukti

Nah, inilah primadona dari kawasan wisata Sidomukti. Ia merupakan resort yang mengusung konsep “penginapan di atas awan”. Nuansanya bak khayangan.

Ada beberapa cara menginap yang disediakan oleh kawasan resort ini, antara lain:

  • Susan Spa Resort
  • Camping ground
  • Vila-vila

Susan Spa Resort adalahpenginapan premium dengan kelas menengah-atas. Fasilitasnya lengkap, mulai dari restoran, spa, mini bar, dan kolam renang. Nah, di kolam renang itu, kamu bisa merasakan sensasi berendam di “telaga khayangan”.

Bagaimana dengan camping ground? Ini adalah opsi berkemah yang tak jauh dari fasilitas. Ladang berkemahnya luas, sejuk, dengan pemandangan cantik. Untuk orang tua yang ingin memperkenalkan anak pada outdoor activity, kalian dapat mengawalinya di sini.

Bagi yang mengajak keluarga besar, kamu dapat memilih vila. Vila bisa memuat belasan orang. Beberapa di antaranya juga menyertakan fasilitas dapur, karaoke, pendopo, dan meeting room.

Outbound

Kawasan wisata Umbul Sidomukti juga menyediakan beberapa fasilitas outbound. Contohnya seperti ATV, paralayang tandem, dan flying fox. Dengan ketinggian 70 meter dan panjang lintasan 10 meter, ini merupakan flying fox yang menantang adrenalin.

Menyenangkan memang pergi ke Kawasan Wisata Sidomukti. Udaranya bersih, pemandangan alamnya asri, dan fasilitasnya menawan. Ini adalah one stop travelling place yang cocok untuk outing dan liburan panjang.

7. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak

Wisata Ungaran Kolam Renang Tirto Argo Siwarak
Kolam Renang Tirto Argo Siwarak (kredit gambar: instagram.com/ilham_ju/)
LokasiJl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Rating ulasan4,5/5.0 – 3.059 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran7 menit (2.6 km) via Jl. Yos Sudarso
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam renang, peluncuran berkelok, gazebo, ember raksasa

Kolam renang ini konsepnya sederhana. Ia juga sudah dibuka sejak lama. Namun, ia tetap bertahan bahkan menjadi favorit di antara banyaknya tempat wisata baru yang dibuka di Ungaran.

Konsepnya hanya kolam renang biasa. Di dalamnya, terdapat beberapa wahana sederhana yang bisa menghibur, antara lain ember tumpah, perosotan biasa, dan perosotan berkelok.

Lalu, apa yang istimewa dari tempat ini?

Kolam-kolam dan pemandian di Ungaran memiliki kualitas air yang baik. Airnya jernih, dari sumber mata air murni, dan sangat segar. Dinginnya air membuat hati menjadi gembira dan stress hilang.

Bahkan, banyak pengunjung yang berkumpul di bawah ember untuk merasakan guyuran air. Tumpahan air khas pegunungan ini begitu menyenangkan tak hanya untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Di Argo Siwarak, disediakan gazebo bagi para pengunjung untuk beristirahat. Ada pula restoran dekat kolam yang menawarkan masakan-masakan Jawa.

8. Curug Benowo

Wisata Ungaran Curug Benowo
Curug Benowo (kredit gambar: instagram.com/fatah18lawu/)
LokasiDesa Kalisidi, RT.01/RW.06, Indrakila, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-14.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Tiket masuk Rp4.000,00
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Rating ulasan4,6/5.0 – 1.437 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran28 menit (10.2 km) via Jl. Rimau
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataAir terjun, tebing-tebing, pemandangan indah yang hijau

Curug Benowo merupakan air terjun yang terletak di kawasan Gunung Ungaran, lebih tepatnya di Kalisidi. Dari Alun-Alun Ungaran, Anda dapat bertolak menuju Jalan Gunung Pati, kemudian ikuti arah.

Untuk pergi ke sana, kamu memang harus menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, fasilitas transportasi umum menuju curug tidak ada. Selain itu, jalannya terjal. Sehingga, pengemudi wajib berhati-hati.

Sampai ke lahan parkir, kamu masih harus mendaki. Maklum, ia berada di jalur pendakian Gunung Ungaran. Pendakian berkisar antara 45 menit-1 jam.

Pada malam hari, jalur pendakian ke air terjun ditutup. Karena, sepanjang perjalanan minim penerangan dan medannya agak berbahaya.

Mendekati air terjun, ada sebuah pohon yang digantungi sandal-sandal. Tahukah kamu? Sandal-sandal itu adalah sandal korban dari track yang meninggal dunia. Hal ini merupakan pengingat bagi mereka yang tiada sekaligus pengingat para pengunjung untuk berhati-hati.

Sepanjang perjalanan, sebaiknya kamu membawa bekal. Karena, jika tidak sedang musim liburan, para pedagang makanan ogah berjualan di sana. Medannya cukup berat dan menyusahkan pedagang.

Kesulitanmu terbayar oleh alam yang asri, udara sejuk, dan lokasi-lokasi yang ideal untuk swafoto. Mandi di bawah air terjun yang dingin begitu membahagiakan. Terlebih, tebing-tebing yang mengelilingimu sangat tinggi. Paduan tebing-tebing dan aliran air terjun menciptakan eksotisme tersendiri.

Kamu juga bisa berfoto di jembatan berwarna merah. Pemandangan di belakang sangat cantik, penuh pepohonan dengan langit cerah. Namun, di bawah jembatan ini adalah jurang yang sangat dalam.

Sebetulnya, di area ini, ada dua curug. Yang pertama Curug Lawe dan yang kedua adalah Curug Benowo. Yang berbeda hanyalah arahnya saja.

9. I AMpelgading Homeland

Wisata Ungaran I AMpelgading Homeland
I AMpelgading Homeland (kredit gambar: instagram.com/nrzn.id/)
LokasiDusun ampelgading, Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rating ulasan4,4/5.0 – 1.071 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran43 menit (18.5 km) via Jl. Mayor Soeyoto
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataOutbound, pemandangan gunung, kebun, naik jeep, berkemah, outbound

I AMPelgading Homeland tergolong sebagai tempat wisata baru yang disukai warga Ungaran dan sekitarnya. Hal yang ia tawarkan adalah destinasi wisata keluarga yang dengan pemandangan cantik.

Berada di ketinggian 1.300 mdpl, udaranya dingin. Selain itu, dari sana, kamu juga dapat melihat Gunung Ungaran dengan jelas. Begitu cantiknya melihat gunung yang terselimuti kabut.

Apa saja aktivitas yang dapat kamu nikmati di sana? Ini dia:

Berkemah

Udara dingin dan lahan luas menjadikan berkemah di sini sangat menyenangkan. Lokasi kemah bertatapan dengan Gunung Ungaran. Adanya siluet gazebo dan pepohonan merupakan hati yang menenangkan.

Trekking

I AMpelgading juga menawarkan jalur trekking yang menarik. Di sepanjang jalur trekking, kamu akan menemukan deretan pepohonan yang rimbun. Jalur trekking ini tidak terlalu panjang, tetapi cukup untuk membakar kalori. Untuk keluarga, terutama yang membawa anak-anak, jalur ini bisa digunakan untuk memperkenalkan anak pada alam dan aktivitas luar ruangan.

Naik Jeep

I AMpelgading Homeland terdiri atas perbukitan dan kebun-kebun cantik. Kecantikannya bisa kamu jelajahi dengan jeep, lho. Nikmati udara segar dan pemandangan elok tanpa harus capek-capek berjalan.

Outbound

Nah, layaknya camping ground dan family retreat pada umumnya, I AMPelgading juga menawarkan lokasi outbound. Terdapat beberapa fasilitas outbound dasar yang bisa mengakomodasi kebutuhan anak-anak dan orang dewasa.

I AMPelgading adalah tempat yang tepat untuk menyepi sekaligus berinteraksi dengan alam. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat sunrise dan sunset. Mentari terbit dan tenggelam dengan sempurna di balik Gunung Ungaran. Cantik sekali, bukan?

10. Air Terjun Semirang

Wisata Ungaran Air Terjun Semirang
Air Terjun Semirang (kredit gambar: instagram.com/ajengpratiwi966/)
LokasiLoket wisata, Gogik, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp9.000,00
Rating ulasan4,4/5.0 – 900 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari Ungaran11 menit (5.0 km) via Jl. Diponegoro/Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPanorama alam, kolam, kafe Kampung Atas

Wisata air terjun memang tak pernah membosankan untuk didatangi. Wisata semacam ini memang memberikan kesegaran air alami yang membuat tubuh menjadi lebih segar.

Ada beberapa air terjun dari sumber air jernih di Ungaran dan Semirang adalah salah satunya. Ukurannya cukup tinggi, yakni sekitar 45 meter. Jadi, air yang mengalir pun lebih deras.

Pengunjung kerap berenang di telaga di bawahnya. Dipadu dengan udara sejuk khas dataran tinggi, sensasinya bikin melek dan bahagia. Rasanya, air terjun ini adalah charging station untuk tubuh yang lelah usai mendaki menuju ke sana.

Jarak area air terjun dari kantor bupati Ungaran adalah sekitar 7 kilometer. Sepanjang perjalanan yang singkat, kamu akan menemukan pemandangan area persawahan dan perkampungan penduduk. Dari area parkir, kamu masih harus mendaki batuan yang cukup terjal. Karena medan pendakiannya licin, disarankan menggunakan sepatu atau sandal yang nyaman. Hindari high heels dan barang bawaan yang terlalu berat.

Masih di area air terjun, terdapat kafe Kampung Atas yang belum lama dibangun. Suasananya begitu eksotis dengan adanya pepohonan dan lampu-lampu temaram yang bergantungan. Menu yang disediakan adalah kopi dengan berbagai olahan dan snacks.

Kafe ini tak terlalu besar, tetapi nuansa shabby chic membuatnya terasa nyaman dan Instagrammable. Kafe ini terletak tepat di dekat pintu loket menuju air terjun. Ia bisa dijadikan opsi untuk mengisi tenaga sebelum mendaki atau setelah mendaki.

Sudah terkenal sejak dulu sebagai destinasi wisata keluarga, Ungaran terus berbenah dan menyajikan kejutan bagi para pengunjung. Sejuknya udara Ungaran ditambah variasi opsi wisata membuatnya layak berada di top list kunjungan liburan panjang. Lagi pula, dari kota-kota di sekitarnya, Ungaran sangat mudah untuk digapai. Nah, apakah kamu yang ingin menikmati semua destinasi di Ungaran secara optimal? Ada baiknya menginap di hotel, vila, atau resort yang banyak disediakan di sana. Kamu tidak akan menyesal, karena Ungaran terlalu cantik untuk dilewatkan.

You might also like